• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website SMK NEGERI 6 SUKOHARJO. Terima Kasih atas kunjungannya..

Pencarian

Banner

Kontak Kami


SMK NEGERI 6 SUKOHARJO

NPSN : 20360954

Blimbing Gatak Sukoharjo


smaknam.skh@gmail.com

TLP : 0271-7894205


          

Agenda

25 September 2023
M
S
S
R
K
J
S
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7

Statistik


Total Hits : 107603
Pengunjung : 31415
Hari ini : 106
Hits hari ini : 235
Member Online : 0
IP : 34.239.148.127
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Mengenal Desain Komunikasi Visual (DKV) 

 

Mulai tahun pelajaran 2022 / 2023, Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri 6 berubah menjadi Program Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV), dibawah Program Keahlian Seni Rupa dan Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif.

 

Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif dengan memanfaatkan elemen-elemen visual untuk menyampaikan pesan. Pesan tersebut tentunya disampaikan dengan tujuan tertentu, misalnya untuk menyampaikan informasi atau tujuan persuasi yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang. 

 

Pada proses pembelajaran 3 tahun di SMK Negeri 6 Sukoharjo, siswa program keahlian DKV akan mempelajari mata pelajaran produktif sebagai berikut :

  • Dasar-dasar Seni Rupa
    Materi pokok mata pelajaran ini adalah membahas mengenai unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa. Unsur-unsur ini diantaranya antara lain adalah titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang. 
  • Gambar
    Mata pelajaran ini membekali siswa dengan teknik, media, dan alat yang digunakan untuk menggambar sesuai jenis gambar yang dibuat.
  • Sketsa
    Materi pokok pada mata peajaran ini adalah tentang pengertian, jenis, sejarah awal, perkembahan, dan tokoh seniman sketsa.
  • Desain Publikasi
    Desain publikasi akan mempelajari tentang bagaimana merancang hingga membuat konsep karya desain publikasi baik indoor maupun outdoor.  Siswa juga akan dibekali bagaimana mempresentasikan konsep dasar branding dan komunikasi pemasaran dengan desain publikasi, hingga menghitung biaya produksi desain.
  • Komputer Grafis
    Pada mata pelajaran Komputer Grafis siswa akan diajarkan untuk mengolah gambar secara digital dengan bantuan software- software yang ada untuk menghasilkan gambar-gambar yang menarik sesuai imajinatif kreatif para desainer. Siswa akan diajarkan dan dilatih menguasai tools-tools dari sebuah software desain, sehingga siswa bisa segera memahami tools yang akan digunakan dalam membuat sebuah karya desain.
  • Fotografi
    Pada mata pelajaran Fotografi ini siswa akan dikenalkan dengan berbagai macam jenis kamera, teknik penggunaan kamera, hingga mempresentasikan hasil karya fotografi. Siswa juga akan diajarkan bagaimana fotografi bisa menjadi sarana untuk menyampaikan informasi atau pesan sehingga selain menggunakan prinsip dan teknik secara estetika, fotografi juga terdapat strategi untuk menyampaikan pesan tersebut.
  • Videografi
    Materi pokok pada mata pelajaran ini adalah bagaimana mempresentasikan konsep dan kegunaan videografi dalam Desain Komunikasi Visual, memahami proses dan teknik videografi hingga mempresentasikan hasil karya videografi. Secara teknis, siswa akan dibekali agar mampu berkarya videografi (membuat scenario iklan/film indie, storyboard, shooting/pengambilan gambar produksi, editing-dubing-pemberian animasi dan melakukan pasca produksi). Selain itu juga membekali peserta didik agar mampu melaksanakan editing video dengan software yang ada misalnya adobe premier, adobe after effect.

 

Peluang Kerja SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual

 

Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang sudah didapat, peluang kerja untuk para lulusan SMK Negeri 6 Sukoharjo di program keahlian DKV diantaranya adalah :

  • Graphic Designer
    Seorang graphic designer bertanggung jawab atas tampilan pada media promosi suatu produk. Tugasnya adalah mulai dari menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion baik untuk penerbit maupun media cetak dan elektronik.
  • Videographer
    Seorang videographer bertugas untuk merekam gambar. Selain itu videografer juga bertugas mengarahkan, menyunting video, hingga mengatur suara.
  • Photographer
    Tanggung jawab seorang fotografer adalah mengambil gambar untuk barang yang dicetak atau barang pameran, mengabadikan peristiwa, mengirimkan pesan kepada masyarakat melalui gambar atau objek yang di foto.
  • Advertising
    Advertising menyediakan jasa pembuatan konsep,design percetakan serta penempatan iklan, tergantung dengan jenis usaha advertising. Lulusan Desain Komunikasi Visual sangat tepat untuk bekerja di perusahaan advertising ini.
  • Wirausaha / freelancer
    Lulusan SMK Jurusan Desain Komunikasi Visual tidak harus bekerja di sebuah perusahaan tertentu, mereka bisa berwirausaha dangan menjadi freelancer desain grafis, ilustrator, fotografer, animator, web designer, dan lain-lain.

 

Program Kegiatan Pembelajaran 

  • Praktik Kerja Industri
    Prakerin atau Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi siswa yang dilakukan di dunia usaha atau dunia industri yang berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai bidang yang dipelajarinya. Prakerin pada progam DKV dilaksanakan selama 6 bulan yang terbagi menjadi 2 tahap, masing-masing tahap diselesaikan dalam waktu 3 bulan. Pada Tahap I (kelas XI semester 2), siswa melaksanakan prakerin di bidang digital printing, sablon, dan advertising. Pada Tahap II (kelas XII semester 1) di bidang fotografi, videografi, dan social media agency. 
  • Kunjungan Industri. Kunjungan Industri merupakan salah satu jenis kegiatan pembelajaran di luar lingkungan sekolah untuk menambah wawasan siswa dan untuk melihat secara langsung suasana/kondisi industri yang sesuai dengan program keahlian masing-masing. Kunjungan Industri dilaksanakan saat kelas XI.
  • Penguatan Program Keahlian oleh Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengupgrade skill siswa agar sesuai dengan kebutuhan industri. Narasumber kegiatan adalah praktisi dari IDUKA.

 

Sarana dan Prasarana

  • 3 Lab Multimedia / DKV
  • Peralatan Fotografi dan Videografi
  • Peralatan Praktik produk grafika